Selamat Datang Di Delta Com Lengkong. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda !

Wednesday, 5 February 2014

Langkah-Langkah Yang Disusun dalam Pembelajaran

Langkah-langkah yang disusun untuk melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kompetensi menulis / menyusun laporan tentang kejadian yang menarik selama liburan adalah :
a. Tahap Pra Pembelajaran - Menyusun RPP beserta scenario pembelajarannya - Menyiapkan media belajar berupa contoh tulisan kejadian yang menarik / berkesan ketika liburan dan contoh format laporan - Menentukan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Awal - Salam, berdoa, dan mengecek kesiapan belajar siswa (mengabsen) - Mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar hal-hal yang menarik diluar sekolah dan pengalaman siswa pada saat liburan - Acuan : menyampaikan tujuan pembelajaran - Motivasi : menyampaikan pentingnya menulis 
c. Kegiatan Inti - Bertanya jawab tentang peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami siswa - Menyebutkan beberapa peristiwa yang pernah dialami dan menyenangkan - Memberikan penjelasan tentang cara menyusun pengalaman dalam karangan/ memberikan penjelasan tentang cara menyusun laporan dengan format yang telah disusun secara sistimatis - Membagi siswa dalam beberapa kelompok - memberikan tugas kepada masing-masing kelompok - mempersilakan kelompok belajar untuk mendiskusikan hal-hal yang akan dilaporkan kepada pelaksanaan liburan - Secara berkelompok membicarakan topik - topik yang menarik untuk ditulis - Membicarakan secara berkelompok ide - ide penjelas yang menarik untuk ditulis - Secara berkelompok siswa menulis kerangka penulisan - Secara berkelompok siswa menuliskan draf pengalaman yang menarik dengan pilihan kata dan kalimat yang tepat - Mempersilakan siswa untuk melaporkan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh yang lain - Siswa dan guru mengkonfirmasi hasil diskusi - Guru memberikan penguatan positif kepada siswa secara lisan
d. Kegiatan Akhir - siswa dengan guru membuat kesimpulan tentang menulis pengalaman yang menyenangkan - Siswa mengerjakan soal evaluasi - Guru menganalisis hasil evaluasi - Guru melaksanakn refleksi dan tindak lanjut  

No comments: