Langkah-langkah yang disusun untuk melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kompetensi menulis / menyusun laporan tentang kejadian yang menarik selama liburan adalah :
a. Tahap Pra Pembelajaran
- Menyusun RPP beserta scenario pembelajarannya
- Menyiapkan media belajar berupa contoh tulisan kejadian yang menarik / berkesan ketika liburan dan contoh format laporan
- Menentukan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Awal
- Salam, berdoa, dan mengecek kesiapan belajar siswa (mengabsen)
- Mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar hal-hal yang menarik diluar sekolah dan pengalaman siswa pada saat liburan
- Acuan : menyampaikan tujuan pembelajaran
- Motivasi : menyampaikan pentingnya menulis
c. Kegiatan Inti
- Bertanya jawab tentang peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami siswa
- Menyebutkan beberapa peristiwa yang pernah dialami dan menyenangkan
- Memberikan penjelasan tentang cara menyusun pengalaman dalam karangan/ memberikan penjelasan tentang cara menyusun laporan dengan format yang telah disusun secara sistimatis
- Membagi siswa dalam beberapa kelompok
- memberikan tugas kepada masing-masing kelompok
- mempersilakan kelompok belajar untuk mendiskusikan hal-hal yang akan dilaporkan kepada pelaksanaan liburan
- Secara berkelompok membicarakan topik - topik yang menarik untuk ditulis
- Membicarakan secara berkelompok ide - ide penjelas yang menarik untuk ditulis
- Secara berkelompok siswa menulis kerangka penulisan
- Secara berkelompok siswa menuliskan draf pengalaman yang menarik dengan pilihan kata dan kalimat yang tepat
- Mempersilakan siswa untuk melaporkan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh yang lain
- Siswa dan guru mengkonfirmasi hasil diskusi
- Guru memberikan penguatan positif kepada siswa secara lisan
d. Kegiatan Akhir
- siswa dengan guru membuat kesimpulan tentang menulis pengalaman yang menyenangkan
- Siswa mengerjakan soal evaluasi
- Guru menganalisis hasil evaluasi
- Guru melaksanakn refleksi dan tindak lanjut
No comments:
Post a Comment